TEMPAT TEMPAT KEMPING DI KEPULAUAN SERIBU YANG HARUS DI KUNJUNGI



Di utara teluk jakarta ada pulau yang biasa para backpaker kunjungi untuk menikmati snorkling.
dan deburan suara ombak pantai yang begitu menenangkan hati di pulau seribu

Berlokasi tidak jauh dari Ibu kota Kepulauan Seribu merupakan daerah wisata yang menarik untuk dijelajahi. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Kepulauan Seribu, seperti berenang di pantai, snorkeling, memancing, atau bahkan diving. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu berpenghuni dan memiliki akomodasi yang cukup memadai sehingga kamu tidak perlu khawatir.
Dan, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu bisa coba camping di Kepulauan Seribu. Berikut pulau-pulau yang bisa kamu coba;

Pulau Semak Daun




Pulau Semak Daun cukup bersahabat untuk pejalan yang ingin camping meski pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni. 
Sudah dari lama Pulau Semak Daun terkenal di kalangan pejalan sebagai pulau yang cocok dijadikan tempat camping. Pulau ini tidak terlalu besar tapi di sini terdapat satu warung dan kamar mandi umum yang menunjang kegiatan camping. Untuk mencapai pulau ini, sebelumnya kamu harus transit di Pulau Pramuka dan menyewa kapal kecil.  kamu sudah bisa mendirikan tenda di pulau ini. Air di pulai ini payau. Jika kamu mencari air tawar, kamu bisa beli dari pulau pramuka sebelum berangkatnya, tersedia air tawar seharga Rp 20.000/galon. yg dari RO tidak perlu membawa galonnya

Pulau Pari



Pulau Pari adalah pulau yang cukup dekat dari Jakarta dan pulau pemukiman wisata atau pulau penduduk. Tak heran jika Pulau Pari sudah memiliki penyewaan penginapa  atau  homestay yang dapat kita sewa. Namun jika kamu tidak ingin menetap di homestay, kamu bisa mendirikan tenda di Pantai Pasir Perawan. Biaya yang dikenakan sebesar Rp 10.000/orang. Jika kamu ingin snorkeling, kamu bisa menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp 400.000-Rp 450.000.
Di Pantai Pasir Perawan tidak ada toilet umum seperti Semak Daun, tetapi kamu bisa mandi di masjid yang ada di pulau tersebut.
atau di toilet milik masyarakat pulau pari kalian bisa meminta ijinnya

Pulau Perak




Pulau Perak termasuk pulau tidak berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu utara. Pejalan yang mendirikan tenda di pulau ini belum sebanyak di dua pulau yang telah disebutkan di atas.
Pulau ini lebih besar dari Pulau Semak Daun dan belum memiliki kamar mandi umum. Hanya ada sumur dengan penutup seadanya yang bisa kamu gunakan untuk mengambil air untuk mandi dan bersih-bersih.
Untuk menuju ke Pulau Perak kamu bisa transit di Pulau Harapan dan menyewa kapal kecil karena pulai ini seperti halnya Pulau Semak Daun yang tidak memiliki akses langsung dari Pelabuhan Kali Adem. Cukup membayar Rp 100.000/malam ke penjaga pulau, kamu sudah bisa mendirikan tenda di 
sini.
 Untuk pengeluaran:
Rombongan
–          Sewa perahu 1 buah (untuk 24 0rg+barang) antar jemput perak-harapan + snorkling seharian =  1.000.000
–          Biaya sewa camping pulau perak @150rb per rombongan/malam = 300.000
–        Makan siang saat snorkling seharian (kita pesen, krn males masak) @25.000 per orang = 600.000
–          Jagung + aqua gelas 2 dus = 80.000
–          Guide ketika snorkling seharian = 200.000

Individu
–          Tiket kapal angke ke harapan = 57.000
–          Tiket harapan ke angke = 57.000
–          Sewa alat snorkling @35.000 per orang/hari = 60.000

Pulau Karya


Mungkin tidak banyak yang tahu jika Pulau Karya bisa dijadikan tempat camping. Pulau Karya sendiri berada persis di seberang Pulau Pramuka, cukup 10 menit menyebrang dengan ojek kapal atau angkutan seperti angkot yang bertarif Rp 5000/orang 1 kali menyembang pulau. Kamu bisa mendirikan tenda di sisi timur pulau ini karena di sisi barat terdapat TPU. Di pulau ini terdapat kantor polisi sehingga keamanan cukup terjamin.
Pulau Karya memiliki toilet dan warung yang cukup menunjang kegiatan camping. Memang belum banyak yang camping di sini,tapi justru itu yang akan menimbulkan sensasi tersendiri, kamu akan merasa camping di sebuah pulau pribadi
jika mau snorkling atau jalan ke pulau sekitar pulau karya kamu bisa menyewa kapal saya yang bisa kamu hubungin langsung ke no hp saya 089637467544 fahroji beri tapi harap hubungi pemesanannya sebelum pemberangkatannya ke pulau ini supaya bisa saya siapkan atau sebelum saya di sewa kapalnya oleh orang lain

Pulau Papa Theo

Pulau papa theo teo

kenapa di namakan papatheo karna ada sebuah bangkai kapal yang bernama papatheo sejak tahun 2008 pulau ini semakin menurun kualitasnya tidak segagah pada masa jayanya dahulu kala

ketenarannya mungkin tidak seperti Pulau Tidung atau Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Lokasinya pun lumayan jauh, sekitar 4 jam dari Muara Angke. Walau jauh, Pulau Papa Theo yang tak berpenghuni ini masih sangat eksotis.

Kita bisa mampir ke pulau-pulau di dekat Pulau Papa Theo untuk snorkeling, seperti di dekat Pulau Perak dan pulau-pulau kecil lainnya. Bawah lautnya cantik dan suasananya sepi, lautan dan pulau-pulaunya bak milik pribadi.

Pulau Papa Theo sendiri memiliki nama asli pulau petondan kecil/timur hamparan pasir putih. Setelah tenda sudah siap, jangan habiskan waktu bersantai di dalam tenda. Keluarlah dan lihat panorama sunset alias matahari terbenam yang sangat indah. Penutup hari yang istimewa.
List Biaya :
  • Sewa Angkutan Umum (Stasiun Jakarta Kota – Muara Angke)     : Rp.       100,000.00/ per mobil
  • Kapal penyebrangan (Muara Angke – Pulau Harapan)                    : Rp.       50,000.00/ per orang
  • Kapal carter (Pulau Harapan – Pulau Papatheo)                           : Rp.       800,000.00/ per kapal kapasitas 15 orang
  • Air Mineral                                                                                                  : Rp.        25,000.00/ per gallon atau kardus
  • Sewa alat Snorkeling (dari Pulau Harapan)                                       : Rp.       35,000.00/ per orang
  • Biaya masuk Pulau Papatheo                                                               : Rp.       300,000.00/ per grup





Pulau payung 

Untuk mencapai Pulau Payung, kita harus menuju Pulau Tidung terlebih dulu. Lalu lanjut selama 30 menit, untuk tiba di Pulau Payung yang merupakan pulau berpenghuni. Para penduduk di sana pun sangat ramah kepada wisatawan.

selain dari pulau tidung kamu juga bisa dari pulau pramuka untuk ke pulau ini 

Sesampainya di Pulau Payung, silakan cari spot yang nyaman untuk mendirikan tenda. Selain bermain di pinggiran pantai, ada satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sana yakni bakar ikan. Silakan ke tempat-tempat penjualan ikan untuk membeli ikan-ikan segar.

Waktu paling pas untuk bakar ikan adalah saat senja. Sambil makan enak, kita bisa melihat panorama sunset. Perut kenyang dan hati senang!


Pulau Bulat


Salah satu pulau cantik di Kepulauan Seribu, Pulau Bulat namanya. Jika dari Muara Angke, butuh waktu 4 jam untuk tiba di sana. Setibanya di Pulau Bulat, tampak hamparan putih dan air laut hijau kebiruan yang seperti mengundang untuk berenang. Ombak di sekitar pantainya memang cukup tenang untuk berenang.

Pulau Bulat suasana begitu tenang. Pulau ini juga tidak terlalu besar, luasnya hanya 1,28 ha. Kabarnya, Pulau Bulat ini adalah pulau pribadi. Tetapi terbuka untuk dikunjungi wisatawan.

Hanya ada beberapa penjual makanan di pulau ini yang datangnya dari pulau harapan ketika weekend. Suasana yang tenang dan pemandangan cantik di pulaunya, pasti menggoda Anda untuk kemping. Yuk dirikan tenda dan bermalam di sini. Selamat tidur dengan lautan bintang di atas Anda.

Pulau Sepa


Terakhir, pulau yang asyik untuk spot kemping di Kepulauan Seribu adalah Pulau Sepa. Pulau yang terletak sekitar 65 km arah barat laut dari Marina Ancol ini dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama 2 jam.

Silakan mendirikan tenda di pinggiran pantainya. Kontur pantai yang landai, membuat kita mudah mendirikan tenda di bawah pepohonan rindang. Keluar tenda, pasir putih pantainya begitu halus disapu dengan kaki. Silakan berenang juga, karena bawah lautnya punya terumbu karang yang cantik.

Panorama sunrise alias matahari terbit sangat indah terlihat di sini. Jangan kaget kalau melihat biawak di pinggiran pantainya dan jangan takut juga. Yang pasti mau kemping di mana pun di pulau-pulau di Kepulauan Seribu, harap menjaga kebersihan dan jangan merusak alam.
pulau ini di bagi menjadi 2 bagian kita hanya boleh kemping di sebelah timur pulau sepa karna pulau yg sebelahnya adalah resort banyak bule2nya 



Pulau Opak


entah pulau opak atau pulau iyu 
tapi inilah kepulauan seribu
pulau opak letaknya yg paling dekat ada lah pulau semut sangat bersebelahan dari pulau opak

Untuk pengeluaran:
Rombongan
–          Sewa perahu 1 buah antar jemput  + snorkling seharian =  1.000.000

–          Guide ketika snorkling seharian = 200.000

Individu
–          Tiket kapal angke ke harapan = 57.000
–          Tiket harapan ke angke = 57.000
–          Sewa alat snorkling @35.000 per orang/hari = 70.000
pulau opak besar




pulau opak besar yg deket dari pulau semut


Pulau Semut



pulau ini dapat di akses dari pulau pramuka atau dari pulau harapan cuma butuh waktu 25 menit untuk sampai ke pulau ini, pulau ini tidak terlalu luas mungkin hanya dengan 20 menit kamu sudah bisa mengelilingi pulau semut ini

Rincian Biaya

Piknik itu tidak harus mahal dan dailyvoyagers sangat setuju dengan kalimat tersebut. Begitu pula dengan Camping Ceria di Pulau Semut ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak, Untuk voyagers yang ingin melakukan aktivitas Camping Ceria di Pulau Semut, berikut ini Dailyvoyagers berikan rincian biaya yang mungkin bisa berguna untuk voyagers sekalian:
nanti gambarnya blum bisa di upload


Rincian di atas dibuat untuk 14 orang jadi voyagers bisa menyesuaikan dengan kondisi voyagers sendiri ya. Akan lebih murah apabila voyagers sudah membawa alat snorkeling sendiri sehingga tidak perlu menyewa. Rincian di atas belum termasuk biaya tip untuk Nelayan Kapal yang kita sewa ya dan harga ini juga bersifat tidak baku, banyak faktor yang bisa mengubah harga-harga di atas. Apabila ingin ke Pulau Semut maka voyagers bisa menghubungi saya dengan nomor 089637467544 untuk melakukan penyewaan kapal. Selamat berlibur voyagers, tetaplah menjadi traveler yang bertanggung jawab dengan tetap menjaga kebersihan pulau dan tidak lupa untuk membawa kembali semua sampah yang ada 🙂

video tahun 2014 kemping di pulau semut







Artikel Terkait

Agen travel pulau pramuka cp:089637467544 / pin:29DCD2BE